Dasar-dasar membuat website dengan html #2: Code Editor

Dasar-dasar membuat website dengan html #2: Code Editor

resellerhosting murah, ceap reseller hosting

Code editor merupakan salah satu hal penting dalam memulai belajar membuat website dengan html atau bahasa pemrograman lainnya. Code editor yang baik akan sangat membantu anda dalam penulisan dan proses editing. Hindari penggunaan Tools instant seperti adobe dreamweaver atau yg sejenisnya karena tools seperti ini akan memproduksi banyak baris script yg kurang berguna sehingga memperlambat loading website Anda. Mulailah dengan membuat code html secara manual melalui code editor.

Bagaimana Membuat stylesheet CSS untuk masing-masing browser
Dasar-dasar membuat website dengan html #3: Mengenal HEADING
Mengenal HTML

Setelah kita belajar mengenal struktur File HTML, sekarang kita menginjak pada tahapan belajar membuat website dengan html berikutnya yaitu memilih code editor.

Code editor merupakan salah satu hal penting dalam memulai belajar membuat website dengan html atau dengan bahasa pemrograman lainnya. Code editor yang baik akan sangat membantu anda dalam penulisan dan proses editing. Hindari penggunaan Tools instant seperti adobe dreamweaver atau yg sejenisnya karena tools seperti ini akan memproduksi banyak baris script yg kurang berguna sehingga memperlambat loading website Anda. Mulailah dengan membuat code html secara manual melalui code editor.

Dalam artikel ini akan kami paparkan beberapa code editor yang bagus dan banyak digunakan oleh para programmer. Anda bisa menggunakan salah satu dari yang kami sebutkan dalam artikel ini.

1. Atom

Atom merupakan salah satu code editor atau text editor yang paling digemari dan banyak digunakan oleh para programmer. Applikasi ini 100% gratis tanpa harus membayar 1 rupiahpun. Beberapa kelebihan atom adalah:

  • Autocomplete
    Dengan fitur ini, anda akan sangat terbantu untuk mempercepat proses editing karena atom akan memberi suggest atas kemungkinan syntax yang akan anda gunakan
  • Syntax Highlighting
    Dengan fitur ini, Atom akan membedakan warna dari masing-masing syntax, sehingga mempermudah anda jika ada kesalahan dalam penulisan syntax (misal kurang tanda petik, dll.
  • Git Integration
    Dengan fitur ini, kita tidak perlu repot untuk push git karena sudah tersedia dalam atom, semua revisi dan source yang siap kita push ke git akan berubah warnanya, tinggal pilih kemudian ketik commit, dan push
  • autoindentation

tips memilih text editor, tips memilih code editor, belajar membuat website dengan html

2. Sublime Text

Sublimetext merupakan code editor terpopuler. Namun sayangnya code editor ini berbayar. Harga code editor ini sekitar USD80. Salah satu keunggulan Sublime text 3 yang tidak dimiliki code editor lainnya adalah fleksibilitas dalam penambahan dan pengurangan fitur dalam bentuk plugin. kita bisa menambah fitur fitur yang kita mau hanya dengan menambahkan plugin.

belajar membuat website dengan html, tips memilih code editor

3. Notepad ++

Code editor ini banyak digunakan oleh programmer yang menggunakan system operasi windows. Applikasi ini bukan bawaan windows (Berbeda dgn notepad bawaan Windows).

belajar membuat website dengan html

Loading...
loading...

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0