Dasar-dasar membuat website dengan html #3: Mengenal HEADING

Dasar-dasar membuat website dengan html #3: Mengenal HEADING

resellerhosting murah, ceap reseller hosting

Pelajaran Dasar-dasar membuat website dengan HTML yang ke 3 kali ini, kita akan belajar mengenal heading html. Dalam materi ini kita akan bisa membedakan jenis-jenis hrading html dan cara penulisannya

Cara Menyembunyikan WordPress
Tutorial Bootsrtap 1: Mengenal Bootstrap
Mengatasi Halaman Dashboard Admin wordpress yang sangat lambat

Pelajaran Dasar-dasar membuat website dengan HTML yang ke 3 kali ini, kita akan belajar mengenal heading html. Dalam materi ini kita akan bisa membedakan jenis-jenis hrading html dan cara penulisannya.

Heading dalam HTML biasa digunakan untuk penulisan judul dan sub judul. Cara dan aturan penulisan header html di website sangat penting dan berperan besar dalam optimasi SEO website Anda. Penulisan header yang baik akan menghasilkan web yang mudah dicari google dan masuk halaman 1 google.

Cara penulisan heading adalah dengan menggunakan TAG dimana x adalah nomor heading. H1 biasanya digunakan untuk judul utama, h2 untuk sub judul dan seterusnya. Jumlah tingkatan Header html secara keseluruhan ada 6 tingkat yaitu mulai H1,H2,H3 sampai H6. Jumlah judul tidak akan lebih banyak dari sub judul di bawahnya, sehingga dalam 1 halaman sebaiknya jumlah H1 lebih sedikit dari jumlah H2, dan jumlah h2 lebih sedikit dari H3 begitu seterusnya.

Kesalahan besar dari para penulis adalah tidak memperhatikan aturan jumlah tag Judul dan sub judul dibawahnya. banyak website yang menggunakan tag H1 sampai 5 kali namun tag H2 hanya 2 kali saja.

Berikut adalah contoh penulisan TAG Heading:

<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
<h1>ini adalah heading 1</h1>
</body>
</html>

Hasil coding diatas adalah sebagai berikut:

ini adalah heading 1

Tata cara penulisan heading 1 sampai heading 6 adalah sama seperti berikut ini:

<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
<h1>ini adalah heading 1</h1>
<h2>ini adalah heading 2</h2>
<h3>ini adalah heading 3</h3>
<h4>ini adalah heading 4</h4>
<h5>ini adalah heading 5</h5>
<h6>ini adalah heading 6</h6>
</body>
</html>

Hasilnya adalah sebagai berikut:

ini adalah heading 1

ini adalah heading 2

ini adalah heading 3

ini adalah heading 4

ini adalah heading 5
ini adalah heading 6

Bisa kita lihat bahwa besarnya font atau ukuran font untuk h1 lebih besar dibanding dengan h2 dan seterusnya. Dengan menerapkan aturan bahwa jumlah h1 tidak lebih banyak dibanding dengan jumlah heading h2 dan seterusnya, maka selain website anda akan mudah terbaca oleh google, web site anda juga akan terlihat lebih rapi dan lebih enak untuk dibaca.

Loading...
loading...

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
Rental Alphard Jakarta Sewa Alphard Jakarta Rental Alphard Jakarta Rental Alphard Jakarta Rental Alphard Jakarta Sewa Alphard Jakarta - Rental Fortuner Sewa Mobil Pengantin Jakarta Humayraa Resep123