Menggunakan Klasik Editor di WordPress 5 Tanpa Plugin tambahan

Menggunakan Klasik Editor di WordPress 5 Tanpa Plugin tambahan

resellerhosting murah, ceap reseller hosting

Menggunakan Klasik editor di Wordpress 5 Tanpa Plugin. Secara Default, Wordpress 5 menggunakan Gutenberg editor. Namun sebagian besar dari kita belum

Panduan Membuat Coding Gratis untuk Pemula
Validasi Form dengan PHP
Cara Upgrade PHP 5 ke PHP7 di Ubuntu 14.04

Menggunakan Klasik editor di WordPress 5 Tanpa Plugin. Secara Default, WordPress 5 menggunakan Gutenberg editor. Namun sebagian besar dari kita belum terbiasa menggunakan gutenberg. Belum lagi, tidak semua plugin dan wordpress theme yang kita gunakan cocok dengan gutenberg. Lalu, Bagaimana cara mengembalikan ke editor klasik tanpa harus menggunakan Plugin?

Ada banyak cara untuk mengembalikan Editor guttenberg di WordPress 5 menjadi editor Klasik. Bisa dengan menambahkan plugin, atau langsung dengan menambahkan baris kode di file theme.

Namun sesuai dengan tema kita kali ini yaitu Menggunakan Klasik editor di WordPress 5 Tanpa Plugin, maka akan kita bahas bagaimana cara mendisable gutenberg di wordpress 5 tanpa plugin.

Langkah-langkah disable Gutenberg di WordPress 5

1.Buka file manager

Langkah pertama yaitu edit file functions.php di wordpress theme yang anda gunakan. Jika anda menggunakan cPanel, anda bisa buka file manager:

cara menggunakan klasik editor di wordpress 5

2.Edit file functions.php

Setelah itu buka file functions.php di public_html/wp-content/themes/namatheme/functions.php. Tambahkan Baris berikut :

//Menggunakan editor klasik by WordPress.tutorials.id
add_filter( 'use_block_editor_for_post', '__return_false' );

3.Simpan File functions.php

Setelah anda tambahkan baris di atas, simpan file functions.php melalui tombol save changes yang ada di kanan atas editor file manager cPanel.

4. Cek Editor di dashboard WordPress

Sampai disini anda telah berhasil menambahkan coding untuk mendisable gutenberg dan kembali ke klasik editor. Cek dashboard wordpress anda apakah sudah kembali ke klasik editor atau belum.

Terimakasih, semoga bermanfaat

Loading...
loading...

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0